AD (728x60)

Kamis, 03 November 2016

Variabel dan Tipe Data Pada Pemrograman Bahasa C

Share & Comment
Variabel adalah identifier yang digunakan untuk menampung sebuah data atau informasi ataupun bisa digunakan untuk menampung beberapa data, informasi, dan nilai dalam suatu pemrograman. Setiap variabel memliki nama, alamat, tipe, size (rentang nilai) dan data (R-Value). Suatu variabel bisa digunakan untuk menampung nilai secara statis maupun dimanis tergantung dari jenis program yang akan kita buat. Format deklarasi variabel  dalam pemrograman bahasa C adalah sebagai berikut
<tipe><nama_variabel>
<tipe><nama_variabel> = <initial_value>
Contoh dekalasi suatu variabel yang benar adalah
int a, b, c, jumlah;
float gaji, bonus;
int jml_mhs = 20; 

Tipe Data
Tipe data adalah jenis data yang mempunyai batasan tempat dan karakteristik sesuai dengan interpertasi data dan dapat diolah oleh komputer untuk digunakan dalam pemrograman komputer.
Pada dasarnya tipe data pada bahasa C ada 5 dan ditambah 4 tipe modifier yaitu 
Empat tipe data modifier adalah sebagai berikut
Signed
Unsigned
Long
Short
Tipe data dalam bahasa C merupakan kombinasi antara Basic data types dengan modifier. Contohnya signed char, unsigned int, long int
Contoh tipe data dalam bahasa C 
Keyword void disamping digunakan sebagai prosedure dalam bahasa C, juga digunakan sebagai tipe data. Void ini biasanya digunakan sebagai pointer (tipe data yang bisa merubah menjadi tipe data apa saja).
Constant
Constant adalah identifier yang hanya memiliki nilai (R-Value) dan nilainya tidak bisa dirubah-rubah pada saat run time. Symbolic constant tidak memiliki alamat (L-Value). Pada bahasa C deklarasi symbolic constant tidak membutuhkan alokasi memori. Untuk mendeklarasikan symbolic constant pada bahasa C bisa dilakukan dengan pre-processor directive #define atau dengan keyword const.
Contoh
Const float Pi = 3.14;
#define Pi 3.14
Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Information Technology Blog

Copyright © Teknologi Informasi | Designed by Templateism.com