AD (728x60)

Senin, 08 April 2019

NCP dan SOA

Share & Comment
Nama Matakuliah        : Network Centric Principles
Kode Matakuliah         : TIJ036308
Dosen Pengampu         : I Putu Agus Eka Pratama
Program Studi             : Teknologi Informasi
Fakultas                       : Teknik
Universitas                   : Universitas Udayana

Hallo semua,  kali ini admin akan menceritakan kembali mengenai NCP atau Net Centric Principle. Cerita ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari artikel NCP dan CDN. Materi yang dibahas adalah NCP dan SOA.

Oke untuk mempersingkat waktu dan pertemuan langsung saja admin memulai cerita NCP dan SOA.

Seputar SOA
SOA adalah suatu istilah yang sangat berkaitan dengan dunia enterprise. SOA (Service Oriented Architecture) secara sederhana dapat diartikan sebagai arsitektur (sistem/software) yang berbasis layanan. Secara lebih detail SOA dapat diartikan sebagai sebuah pendekatan dalam merancang sistem atau software, yang mana service yang dirancang terdiri dari berbagai komponen yang memiliki layanan bisnis tertentu. Contoh dari service yang dapat dirancang dalam SOA adalah service perbankan yang berbasis SOA dengan service pembayaran, transfer, sampai mengecek status akun bank. Contoh penggambaran service perbankan yang berbasis SOA dapat dilihat pada Gambar berikut.

Gambar diatas merupakan contoh service perbankan yang berbasis SOA. Sesuai dengan Gambar diatas contoh penerapan SOA dalam perbankan adalah penyediaan web service untuk memberikan akses kepada client.

SOA dan NCP
SOA sebagai arsitektur yang berbasis layanan memerlukan jaringan komputer, agar dapat diakses oleh client, sebagaimana sistem atau software lainnya. NCP menyediakan sejumlah solusi untuk SOA. Solusi tersebut meliputi arsitektur jaringan, konten, data, service, hingga keamanan. NCP dan SOA saat dipadukan akan membentuk layanan untuk memenuhi kebutuhan enterprise yang lebih baik (seperti CDN, NCN, ICN).

SOA dan Pengembang System
SOA dalam suatu perusahaan sangat erat kaitannya dengan pengembangan suatu system. Pengembangan system ini umumnya memerlukan beberapa tenaga atau SDM yang memiliki keahliannya masing-masing, dengan tujuan akhir untuk menciptakan suatu arsitektur yang berorientasi pada layanan. Penggambaran dari pengembangan sistem dan SDM yang diperlukan dapat dilihat pada Gambar berikut.


Gambar diatas merupakan penggambaran antara pengembangan sistem dan SDM yang diperlukan. Sesuai dengan Gambar diatas SDM yang sangat erat kaitannya dengan software atau aplikasi yang dikembangkan adalah software engineering dan database administrator, kemudian SDM yang berkaitan dengan analisis sistem secara umum adalah system analyst. Analisis yang dimaksud adalah analisis kebutuhan software, merancang software, alur software, dan masih banyak lagi yang lainnya. SDM yang sangat erat kaitannya dengan keperluan jaringan pada perusahaan adalah network engineering. Selain jaringan network engineering juga berkaitan dengan keperluan jaringan untuk pengaksesan aplikasi.

Mungkin sekian cerita yang bisa admin bagiakan pada kesempatan kali ini terutama mengenai NCP dan CDN. Semoga cerita ini bermanfaat bagi pembaca dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam perkuliahan. Sampai jumpa diartikel berikutnya dan terimakasih J.

Referensi
Agus Eka Pratama, I Putu; NCP dan SOA (dalam bentuk materi power point).
Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Information Technology Blog

Copyright © Teknologi Informasi | Designed by Templateism.com