AD (728x60)

Kamis, 10 November 2016

Contoh Program Bahasa C

Share & Comment
Pada kesempatan sebelumnya saya telah membahas tentang Pemrograman Bahasa C, mulai dari asal usul bahasa C, operasi input output, variabel, tipe data, dan konstanta dalam Bahasa C. Pada kesempatan ini saya ingin memaparkan tentang contoh program dalam Bahasa C. Program yang bisa dibuat dengan Bahasa C, sebenarnya ada banyak, ada yang tingkat kesulitannya randah sampai dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Oleh karena itu mari kita mulai dari program Bahasa C yang tingkat kesulitannya rendah. Pada kesempatan ini program yang ingin saya paparkan adalah program Bahasa C, menampilkan identitas diri seseorang.  Program ini meminta seseorang untuk menginputkan nama, alamat, nomor telepon, dan tahun kelahiran untuk digunakan menghitung umur dari orang tersebut. Dan output dari program ini adalah sapaan terhadap orang tersebut yang berisi nama, alamat, nomor telepon, dan umur orang tersebut.
Baiklah untuk mempersingkat waktu mari langsung saja kita mulai pembahasannya. Pertama pastikan di komputer anda telah terinstall aplikasi IDE untuk bahasa C, agar mempermudah dalam proses compiler program Bahasa C. Atau jika tidak ada anda bisa menggunakan notepad untuk membuat sintaknya kemudian anda compiler menggunakan CMD (caranya sudah saya posting pada kesempatan sebelumnya).
Disini saya menggunakan aplikasi Dev C sebagai aplikasi IDE. Buka aplikasi Dev C, kemudian untuk membuat file baru, klik source file (atau bisa dengan menekan tombol Ctrl+N pada keyboard). Seperti gambar berikut

Kemudian ketikan sintak seperti berikut.

Setelah selesai mengetikan sintak, simpan pekerjaan anda dengan menekan tombol Ctrl+S, dan beri nama pada pekerjaan anda (misalnya data diri), ingat karena kita menggunakan bahasa C, typenya harus diubah menjadi .c, kemudian klik save untuk menyimpan.

Setelah selesai menyimpan pekerjaan anda, compile pekerjaan anda dengan menekan tombol F9 (tujuan dari compile adalah untuk menerjemahakn sintak yang anda buat, agar bisa dimengerti oleh bahasa mesin, sehingga bisa membuat eksensti file .exe dari sintak yang anda buat, selain itu untuk memastikan apakah sintak yang anda buat telah benar sesuai dengan standar prosedur penulisan program dalam bahasa C). Jika pesan dari proses compile adalah seperti gambar berikut berarti, sintak program yang anda buat telah benar dan sesuai dengan standar penulisan program Bahasa C, serta siap untuk diruning.

Setelah proses compile berjalan lancar, berarti program anda siap untuk dirunning. Untuk merunning program tekan F10, kemudian inputkan semua yang diminta oleh program, sehingga menghasilkan sebuah output, kata sapaan. Berikut merupakan hasil running dari program yang telah saya buat.

Pembahsan Sintak Program Diatas
#include<stdio.h>. 
Artinya standar input output, sintak ini berfungsi untuk mengaktifkan printah-printah input output dari program bahasa C, seperti printf (berfungsi untuk menampilkan suatu tulisan saat program dijalankan), gets (membaca inputan dari user yang berisi spasi, agar bisa dibaca secara keseluruhan), scanf (membaca inputan user tanpa spasi, jika diberi spasi, maka kata dibelakang spasi tidak bisa untuk dibaca).
#include<conio.h>. 
Merupakan library conio yang didalamnya terdapat perintah getch(), yang berfungsi agar saat kita menjalankan ekstenti .exe dari program, program tidak langsung keluar, dan agar bisa dijalankan terlebih dahulu baru keluar.
#define TAHUN 2016
Menunjukkan suatu consanta yang bernama TAHUN dan bernilai 2016
char nama[50], alamat[50], notlp[12];
int lahir, usia;
Merupakan variabel yang digunakan dalam program ini, yakni variabel nama yang bertipe data char dengan hanya bisa menampung maksimal 50 karakter, variabel alamat yang bertipe data char dengan hanya bisa menampung maksimal 50 karakter, variabel notlp yang bertipe data char dengan hanya bisa menampung maksimal 12 karakter, dan variabel lahir dan usia.
main(){
Menunjukkan awal dari program yang kita buat, dimana harus berisi tanda ‘{‘ yang menandakan awal dari fungsi main dan diakhiri dengan tanda ‘}’ sebagai akhir dari program tersebut.

Merupakan badan program. Dimana baris nomor 16 merupakan satu operasi, yakni constanta TAHUN dikurangi lahir yang merupakan inputan user, dan nilainya ditampung dalam variabel usia.
Sintah no 17 berfungsi untuk menampilakn kata sapaan yakni Hallo, kemudian dikuti oleh nama yang diinputkan user (yang ditandai dengan %s, dan diakhirnya terdapat variabel nama), anda tinggal di diikuti oleh alamat yang diinputkan user (yang ditandai dengan %s, dan diakhirnya terdapat variabel alamat), dengan no telepon, diikuti oleh nomor telepon yang diinputkan user (yang ditandai dengan %s, dan diakhirnya terdapat variabel notlp), usia anda %d tahun (menamdakan nilai dari variabel usia yang berada diurutan paling akhir).
Demikian yang dapat saya paparkan tentang program menampilkan identitas diri, semoga bisa bermanfaat dalam kehidupan anda. Cukup sekian dan terimakasih, sampai jumpa dipostingan menarik berikutnya.
Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum, kak cara membuat program mengurutkan data direktori hp berdasarkan no. Hp dan nama nya gimana ya kak?

    BalasHapus

 

Information Technology Blog

Copyright © Teknologi Informasi | Designed by Templateism.com