AD (728x60)

Minggu, 10 Februari 2019

Pengenalan Network Centric Principles

Share & Comment

Nama Matakuliah        : Network Centric Principles
Kode Matakuliah         : TIJ036308
Dosen Pengampu         : I Putu Agus Eka Pratama
Program Studi             : Teknologi Informasi
Fakultas                       : Teknik
Universitas                   : Universitas Udayana

Hallo semua,  kali ini admin akan menceritakan sedikit pembelajaran yang admin dapatkan di perkuliahan, khususnya mengenai salah satu matakuliah yang berada di konsentrasi MKJ (Manajemen Keamanan Jaringan) yaitu matakuliah NCP (Network Centric Principles). Gak sabar baca cerita dari admin, tapi sebelum itu pada artikel kali ini admin akan menceritakan tentang NCP secara umum tentunya dengan tujuan untuk memberikan pemahaman pembaca mengenai NCP.

Oke untuk mempersingkat waktu dan pertemuan langsung saja admin memulai cerita dari pengertian NCP atau Net Centric Principles itu sendiri.

Apa itu Network Centric Principle?
Network Centric Principle atau net Centric Principle sebenarnya bukan merupakan istilah baru dalam dunia jaringan komputer, karena sebenarnya hal ini telah banyak diterapkan oleh berbagai negara dalam berbagai bidang kehidupan, seperti Amerika Serikat dalam bidang militer. Secara sederhana Net Centric Principle dapat diartikan sebagai penggunaan prinsip atau konsep dari jaringan komputer dalam berbagai bidang kehidupan. Secara lebih teknis Net Centric Principle dapat diartikan sebagai konsep di dalam lingkungan jaringan komputer yang meliputi sistem, infrastruktur, proses, dan pengguna untuk menangani berbagai proses baik dari sisi bisnis, kesehatan, pendidikan, sampai militer. Net Centric Principle pada era sekarang lebih memfokuskan pada dua hal yaitu mengamankan data dan informasi serta membuat pengguna dari layanan jaringan menjadi nyaman. Contoh penggambaran Net Centric Principle dalam bidang militer adalah seperti Gambar berikut.


Gambar diatas menggambarkan penerapan Net Centric Principle dalam bidang militer. Pada gambar diatas terlihat setiap pangkalan militer baik itu dari darat, laut, maupun udara terhubun menggunakan medium gelombang dan saling bertukar informasi guna kepentingan militer. Selain itu dalam Net Centric Principle terdapat dua jenis service yang sering digunakan, yang penggambarannya seperti berikut.


Gambar diatas merupakan penggambaran jenis service dalam Net Centric Principle. Sesuai dengan gambar diatas jenis service tersebut dibagai menjadi dua jenis yaitu basics dan close to research. Hal utama yang harus dipersiakan dalam Net Centric Principle adalah terdapatnya jaringan yang memiliki jangkauan luas untuk menghubungkan setiap perangkat, yang contohnya dapat digambarkan seperti berikut.


Seperti yang diketahuai, Internet pada era sekarang merupakan jaringan yang bersifat global dan dapat menghubungkan seluruh orang ataupun perangkat secara luas dan biasanya mencakup seluruh dunia. Diawal penemuan Internet oleh DARPA yang hanya diperuntukan untuk keperluan militer, kemudian terus berkembang hingga dapat digunakan untuk berbagai keperluan dan oleh semua orang.

Bagaimana Data dalam Net Centric Principle?
Seperti yang disebutkan dibagian atas hal utama dalam Net Centric Principle adalah data. Data dapat dikatakan baik dan berkualitas dalam Net Centric Principle apabila telah memenuhi kriteria berikut.
  1. Visibility. Visibility dapat diartikan data mudah diperoleh oleh pengguna baik itu diperoleh dari aplikasi, platform, ataupun perangkat apapun, namun harus tetap sesuai dengan hak akses yang dimiliki oleh pengguna.
  2. Accessible. Accessible dapat diartikan data mudah diakses oleh pengguna kapanpun dan dari manapun pengguna tersebut mengakses datanya.
  3. Data dapat dimanajemen dengan mudah oleh pengguna.
  4. Data mudah untuk dipahami dan tidak terdapat unsur ambigu.
  5. Data memiliki sumber yang dapat dipercaya
  6. Data memiliki dukungan yang baik terhadap semua perangkat, platfrom, ataupun OS.
  7. Sesuai dengan kebutuhan pengguna.


Apa Saja Layer dalam Net Centric Principle?
  1. Foundation
    Foundation dapat diartikan sebagai definisi atau petunjuk atau dengan kata lain layer ini adalah dasar untuk mengembangan Net Centric Principle dalam berbagai bidang kehidupan. Beberapa contoh hal yang termasuk dalam Foundation adalah Governance, Spectrum, Ductrine, Policy, Architectur, Engineering, Standard.
  2. Communication
    Communication atau komunikasi dapat diartikan sebagai perangkat atau media yang digunakan untuk menghubungkan setiap perangkat dan saling bertukar informasi dalam penerapan net Centric Principle. Beberapa contoh hal yang termasuk dalam communication adalah Teleports, TCS, GIG-BE, RF Nets, Wireless Communication, Commercial Fiber.
  3. Computing
    Computing dapat diartikan sebagai ketersedian sumber daya komputasi baik itu hardware ataupun software untuk penerapan Net Centric Principle. Beberapa contoh hal dalam computing adalah Messaging, Collaboration, Storage, Discovery, Mediation.
  4. Application
    Application dapat diartikan sebagai pengembangan perangkat lunak yang bisanya digunakan dalam bidang bisnis ataupun aplikasi ini dikembangan untuk keperluan proses bisnis tertentu. Contoh dari application adalah medical, Global Combact Support System (GCSS).
  5. Capabilities
    Capabilities merupakan layer tertinggi dalam Net Centric Principle yang berfungsi untuk memberdayakan semua layer dibawahnya. Contoh hal yang termasuk dalam layer ini adalah Blue Force Tracking, Time Critical Tergeting, Battlefield Resupply and Replenishment, Peperless Contracting.


Bagaimana Hubungan Net Centric Principle dan Interoperabilitas?
Interoperabilitas secara sederhana dapat diartikan memiliki banyak dukungan dan dapat berjalan dengan baik. Secara lebih rinci Interoperabilitas dapat diartikan memiliki banyak dukungan dan tidak mudah terpengaruh dan dapat berjalan dengan baik dalam semua perangkat, platform, OS, ataupun aplikasi. Net Centric Principle sebagai konsep yang lebih mementingkan kenyamanan pengguna tentunya dituntut untuk memiliki interoperabilitas yang tinggi. Dari interoperabilitas yang tinggi ini Net Centric Principle memungkinkan menerapkan SOA (Service Oriented Architecture atau sebuah arsitektur yang berorientasi pada layanan), Net Centric Computing (komputasi berbasis jaringan), dan teknologi lain yang tentunya berorientasi pada kenyamanan pengguna. Salah satu contoh penerapan Net Centric Principle dengan Interoperabilitas yang tinggi dapat digambarkan seperti berikut.


Gambar diatas merupakan contoh penerapan Net Centric Principle. Sosial media merupakan salah satu penerapan Net Centric Principle yang memiliki interoperabilitas yang tinggi dan pada era sekarang sangat memberikan rasa nyaman kepada pengguna.

Bagaimana Kaitan antara Net Centric Principle dengan Information Enterprise?
Informasi pada era sekarang merupakan hal yang sangat lumrah, hal ini bisa terjadi karena informasi pada era sekarang tersedia dalam jumlah yang banyak dan sangat mudah untuk diakses tentunya dengan bantuan berbagai teknologi yang perkembang saat ini. Salah satu jenis informasi pada era sekarang yang memiliki nilai jual dan bersifat sangat penting adalah IE (Information Enterprise). IE pada era sekarang sangat berhubungan dengan IB (Information Business) atau dengan kata lain bisnis di era sekarang sebagai era digital yang berorientasi pada informasi.
Kaitan antara Net Centric Principle dengan IE adalah seperti yang disebutkan diatas bahwa Net Centric Principle sangat berpedoman pada kepentingan pengamanan informasi, maka dari itu prinsip atau konsep yang dimiliki NCP perlu diterapkan dalam pengamanan IE yang notabennya adalah informasi yang sangat penting.

Bagaimana Hubungan antara IE dan IB?   
IE dan IB pada era sekarang dapat dikatakan memiliki hubungan yang erat, hal ini karena untuk menciptakan IE diperlukan tiga komponen yang terdapat dalam IB. Tiga komponen IB tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.
  1. Information Content
    Information content merupakan kemampuan atau konten yang digunakan untuk memperoleh informasi ataupun mengolah data untuk menjadi informasi. Beberapa kompetisi yang sesuai dengan information content adalah Information gathering dan Application Programming Skill.
  2. Information Appliance
    Informasi appliance berhubungan dengan kemampuan untuk mensiasati penyebaran informasi dan menganalisa setiap informasi yang diperoleh. Beberapa kompetisi yang sesuai dengan information appliance adalah Strategic sourcing, public awareness, scalability, information portability.
  3. Information Transport
    Information transport berhubungan dengan kemampuan untuk membuat atau menganalisa pengiriman informasi. Beberapa kompetisi yang sesuai dengan information transport adalah network management, interactive communication, billing system, IT infrastructure platform.


Apa saja Elemen yang Terdapat pada IE?
IE sebagai informasi yang bernilai dan sangat penting memiliki tiga elemen. Ketiga elemen dari IE tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.
  1. Information Processing
    Information processing merupakan pengelolaan data yang dapat sehingga menjadi informasi yang bernilai. Proses yang dapat dilakukan pada information processing adalah membuat metode yang digunakan untuk mengolah data, menghapus data, ataupun mengubah konten dari informasi.
  2. Office Technology
    Office technology merupakan semua teknologi yang digunakan untuk melakukan pengolahan data ataupun IE. Teknologi tersebut dapat berupa OS, aplikasi, sistem, ataupun hal lain yang membantu mengolah data untuk menghasilkan informasi.
  3. Telecomunication
    Telecomunication merupakan sebagai media yang membantu pendistribusian informasi. Telecomunication dapat berupa jaringan komputer, akses internet, ataupun media lain dalam pendistribusian informasi.


Bagaimana Kaitan antara IE dan Interoperabilitas?
Interoperabilitas merupakan suatu keadaan dimana suatu sistem dapat berjalan dengan baik dalam sebagai situasi dan perangkat serta tidak terpengaruh oleh situasi apapun. Interoperabilitas juga dapat diartikan sebagai kemampuan sistem, unit, atau proses untuk menerima proses atau layanan dari sistem lain dan digunakan kembali untuk menciptakan suatu pengolahan yang efektif.
Interoperabilitas dalam IE terbagi menjadi dua jenis yaitu interoperabilitas secara teknis dan interoperabilitas secara operasinonal.

Mungkin sekian cerita yang bisa admin bagiakan pada kesempatan kali ini terutama mengenai pengenalan NCP dan hal yang berkaitan dengan NCP. Semoga cerita ini bermanfaat bagi pembaca dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam perkuliahan. Sampai jumpa diartikel berikutnya dan terimakasih J.  

Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Information Technology Blog

Copyright © Teknologi Informasi | Designed by Templateism.com