AD (728x60)

Sabtu, 29 Oktober 2016

Struktur Program Bahasa C

Share & Comment
Bahasa C adalah salah satu program yang terstruktur, bahasa C terdiri dari fungsi-fungsi. Setiap program C mempunyai satu fungsi dengan nama main (program utama). Dalam eksekusi program bahasa C akan dimulai dari fungsi main tersebut. Bahasa C adalah bahasa yang sensitive dimana huruf kecil dan huruf kapital diartikan berbeda. Dalam penulisan suatu statement dalam bahasa C selalu diakhir dengan tanda titik koma (;). Untuk penulisan fungsi main sendiri adalah sebagai berikut
Sering dijumpai beberapa format penulisan fungsi main seperti contoh diatas, tetapi tidak semua compiler mengenalnya.
Penulisan fungsi main yang standard seperti contoh No. 3 atau 4 diatas.
return (0), menyatakan program exit secara normal.
Fungsi main dan juga fungsi yg lainnya jika tidak diberikan tipe maka defaultnya integer (int). Pada contoh diatas No. 3 dan 4 artinya sama.
Contoh:
dengan menggunakan compiler Turbo C 2.0 (DOS) dan Microsoft Visual C++ (windows), (2), (3) dan (4) => Success, tetapi (1) warning
dengan menggunakan compiler Dev-C (windows), dan gcc (linux) (1), (3) dan (4) => Success, tetapi (2) warning
#include ”stdio.h” File stdio.h akan dicari mulai dari current / working directory, dan jika tdk ada akan dilanjutkan mencarinya ke directory tempat header file tersebut disimpan pada saat menginstall compiler-nya.
Directive #include umumnya ditulis di awal program
Style penulisan (tergantung kesenangan programmer) :

Komentar. Dalam bahasa C komentar ditulis menggunakan pasangan /* dan */ tujuan komentar adalah agar program lebih mudah dibaca dan dimengerti komentar ini akan diabaikan oleh compiler. Untuk komentar 1 baris cukup menggunakan tanda // diawal bari Contoh program C sederhana : 
Karakter khusus dalam bahasa C
\a bell, alert, system beep
\b back space
\t horizontal tab
\n new line, line feed
\v vertical tab
\r carriage return
\’ single quote
\” double quote
\\ backslash 

Identifier adalah nama berbagai elemen program seperti nama variabel,fungsi, konstanta, dsb. Biasanya diawali dengan huruf atau garis bawah(underscore) _ dan diikuti dengan huruf, digit atau _. Hati hati dalam membuat identifier sebab huruf besar dianggap berbeda dengan huruf kecil (cassensitive). Panjang maksimum Identifier tergantung dari compiler sebagai contoh Turbo C 2.0 (DOS), max 32 karakter. Tidak boleh menggunakan keyword (misal for, while, dll.)
Contoh identifier : name, x1, _total, cubic()
Contoh identifier yang salah: 1kali, int
Keyword. Keywords adalah kata yang memiliki arti khusu pada C compiler. Contoh Keyword

Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Information Technology Blog

Copyright © Teknologi Informasi | Designed by Templateism.com