AD (728x60)

Jumat, 30 September 2016

ERD (Entity Relationship Diagram)

Share & Comment
ERD adalah salah satu pemodelan dari sistem basis data, yang berguna pada pengembangan sistem informasi. ERD (Entity Relationship Diagram) merupakan skema atau konseptual dari representasi data, atau dengan kata lain ERD ini adalah sebuah metode pemodelan basis data yang digunakan untuk menghasilkan konseptual dari suatu model data sistem. ERD pertama kali di perkenalkan oleh P.P Chen pada tahun 1976.
Komponen ERD
ERD terdiri dari tiga komponen utama yakni
Entitas. Entitas adalah segala sesuatu yang dapat digambarkan oleh data. Entitas juga dapat diartikan objek dunia nyata yang bisa dibedakan dengan yang lain. Dalam ERD entitas dinotasikan dengan simbol persegi panjang. Entitas bisa berbentuk objek fisik maupun objek secara konsep, objek fisik adalah objek yang bisa kita bedakan secara fisik, mulai dari bentuk, ciri, berat, contoh dari objek fisik adalah tinggi badan, berat badan, bentuk wajah, bentuk hidung, sedangkan objek secara konsep dapat kita bedakan berdasarkan pemikiran dan arti, contohnya merk barang. Entitas di bedakan menjadi dua yaitu :
  1. Entitas kuat adalah entitas yang tidak memiliki ketergantungan dengan entitas lain, atau tidak dipengaruhi oleh keberadaan entitas lain.
  2. Entitas lemah adalah entitas yang tidak bisa berdiri sendiri tanpa adanya entitas kuat.
Relasi. Relasi (hubungan) menunjukkan adanya hubungan antara sejumlah entitas yang berasal dari himpunan entitas yang berbeda. Dalam ERD relasi dinotasikan dengan simbol belah ketupat.
Atribut. Atribut merupakan pendeskripsian karakteristik dari entitas. Atribut ini digambarkan dalam bentuk lingkaran atau elips. Atribut yang menjadi kunci entitas atau primary key diberi garis bawah. Atribut bisa dibedakan menjadi
  1. Atribut komposit. Atribut komposit adalah atribut yang bisa kita uraikan kembali menjadi sub-sub atribut yang memiliki makna tersendiri.
  2. Atribut sederhana. Atribut sederhana adalah atribut yang bernilai tunggal
  3. Atribut multivalue. Atribut multivalue adalah atribut yang bernilai banyak
  4. Atribut derivatif. Atribut derivatif adalah atribut yang tercipta dari atribut lain
Kardinalitas dan Modalitas Dalam ERD
Dalam ERD kardinalitas dan modalitas di gambarkan dengan garis bercabang tiga untuk nilai maksimum (n) dan garis vertical satu untuk nilai maksimum dan mininum (1) serta angka 0 untuk modalitas yang bernilai (0).
Contoh dari Entitas, Relasi, Atribut, Kardinalitas, dan Modalitas adalah seperti berikut
Tahap ERD
  1. Tahap pertama pada desain sistem informasi menggunakan ERD adalah menggambarkan kebutuhan informasi atau jenis informasi yang akan disimpan dalam database. Teknik pemodelan dapat digunakan untuk menggambarkan setiap prosesnya.
  2. Tahap berikutnya desain logis, dimana data dipetakan ke model data yang logis, seperti model relasional, tahap ini juga sering disebut desain fisik.
Secara umum metodologi ERD adalah sebagai berikut
Contoh Kasus menggunakan ERD adalah sebagai berikut
Buatlah ERD yang menggambarkan suatu ruang perpustakaan
Referensi
https://fairuzelsaid.files.wordpress.com/2010/03/sbd-erd.pdf
Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Information Technology Blog

Copyright © Teknologi Informasi | Designed by Templateism.com