AD (728x60)

Jumat, 18 November 2016

Contoh Program Bahasa C

Share & Comment
Pada kesempatan sebelumnya saya telah memaparkan contoh program Bahasa C yaitu program menghitung luas dan keliling dari lingkaran. Pada kesempatan kali ini saya kembali akan memaparkan contoh program Bahasa C lainnya yaitu program bahasa C tentang menghitung luas dan volume salah satu bangun ruang yaitu Balok. Program ini akan meminta user untuk menginputkan nilai panjang, lebar, dan tinggi dari suatu balok, kemudian akan menghasilkan output berupa nilai luas dan volume dari balok itu sendiri. Baiklah untuk mempersingkat waktu, saya langsung saya memulai pemaparannya.
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah buka aplikasi IDE yang anda gunakan untuk membuat program bahasa C, disini saya menggunakan Dev-C sebagai aplikasi IDE, setelah aplikasi IDE berhasil dibuka klik sources file untuk membuat file baru atau bisa dengan menekan tombol Ctrl + N

Setelah anda berhasil membuat file baru, berikut merupakan sintak dari program menghitung luas dan volume balok

Setelah anda selesai membuat sintak program, simpan pekerjaan anda dengan menekan tombol Ctrl + S, kemudian beri nama pada pekerjaan anda untuk mempermudah dalam proses pengingatan, dan type file ubah menjadi .c. Seperti gambar berikut

Setelah anda berhasil untuk menyimpan compile pekerjaan anda dengan menekan tombol F9 (tergantung jenis aplikasi IDE yang anda gunakan), tujuan dari compile adalah untuk menejermahkan sintak yang anda buat, agar bisa dimengerti oleh bahasa mesin, sehingga bisa membuat ekstensi file .exe dari sintak yang buat tersebut, yang kemudian bisa menjadi sebuah program yang siap untuk dijalankan. Jika pesan dari proses compile adalah seperti berikut berarti ekstensi file .exe dari sintak yang anda buat tadi telah berhasil

Setelah proses compile berjalan lancar, jalankan program anda dengan menekan tombol F10 (tergantung dari aplikasi IDE yang anda gunakan). Hasilnya seperti gambar berikut, anda diminta untuk memasukan nilai panjang, lebar, dan tinggi balok, kemudian akan dihasilkan keluaran yakni luas permukaan balok dan volume balok tersebut

Pembahsan Sintak Program Tersebut

#include <stdio.h>
Artinya standar input output, sintak ini berfungsi untuk mengaktifkan perintah-perintah input output dari program bahasa C, seperti printf (berfungsi menampilkan suatu tulisan saat program dijalankan), scanf (membaca inputan dari user).

#include<conio.h>
Merupakan library conio yang didalamnya terdapat perintah getch(), yang berfungsi agar saat kita menjalankan ekstenti .exe dari program, program tidak langsung keluar, dan agar bisa dijalankan terlebih dahulu baru keluar.

int panjang, lebar, tinggi, luas, volume;
Merupakan bagian deklarasi variabel. Program ini menggunakan lima variabel yang semuanya bertipe data integer (bilangan bulat), dimana tiga variabel berfungsi sebagai penyimpan nilai masukkan dan dua variabel lainnya berfungsi untuk menyimpan nilai perhitungan. Panjang, lebar, tinggi merupakan variabel yang berfungsi untuk menyimpan nilai inputan user dan variabel luas, volume merupakan variabel yang berfungsi untuk menyimpan nilai perhitungan.

Gambar diatas merupakan badan program. Baris keenam merupakan judul dari program ini yaitu Program Menghitug Luas dan Volume Balok. Baris ketujuh merupakan printah untuk memasukkan nilai panjang yang akan dibaca pada baris kedelapan. Baris kesembilan merupakan perintah untuk memasukkan nilai lebar yang akan dibaca pada baris kesepuluh. Baris kesebelas merupakan perintah untuk memasukkan nilai tinggi yang akan dibaca pada baris keduabelas. Baris ketigabelas dan keempatbelas merupakan rumus untuk perhitung luas yang akan ditampung pada variabel luas dan rumus untuk perhitungan volume yang akan ditampung pada variabel volume. Baris kelimabelas dan keenambelas merupakan perintah untuk menampilkan nilai luas yang telah ditampung pada variabel luas dan menampilkan nilai volume yang telah ditampung pada variabel volume. Baris ketujuhbelas dan kedelapanbelas merupakan akhir dari program.
Demikian pemaparan saya tentang program menghitung luas dan volume balok, semoga bisa bermanfaat dalam kehidupan anda. Sampai jumpa dipostingan menarik berikutnya.
Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Information Technology Blog

Copyright © Teknologi Informasi | Designed by Templateism.com