AD (728x60)

Kamis, 17 November 2016

Contoh Program Bahasa C

Share & Comment
Dalam kesempatan sebelum saya telah memaparkan tentang contoh program bahasa C yakni program perhitungan aritmatika sederhana antara dua bilangan. Pada kesempatan ini saya akan memaparkan tentang contoh program sederhana dari Bahasa C lainnya yakni program menghitung luas dan keliling dari suatu lingkaran. Program ini akan meminta user untuk menginputkan nilai jari-jari dari lingkaran yang ingin dihitung luas dan kelilingnya. Baiklah untuk mempersingkat waktu saya langsung saja mulai pemaparannya.
Pertama buka aplikasi IDE yang anda gunakan, disini saya menggunakan Dev-C sebagai aplikasi IDE, setealh itu buat file baru dengan klik source file atau bisa dengan menekan tombol Ctrl + N

Setelah file baru terbuka, ketikan sintak berikut

Setelah anda selesai membuat sintak, simpan pekerjaan anda dengan menekan tombol Ctrl+S, kemudian pilih lokasi penyimpanan untuk pekerjaan anda, dan beri nama pada pekerjaan anda (misalnya Lingkaran), serta ingat file tipenya harus *.c. Setelah itu untuk menyimpan klik save

Setelah anda berhasil menyimpan pekerjaan anda, lakukan compile terhadap pekerjaan anda dengan menekan tombol F9 (tujuan dari compile adalah agar pekerjaan anda dapat dimengerti oleh bahasa Mesin, sehingga bisa membuat ekstenti file .exe yang nantinya bisa dijalankan oleh sistem operasi sebagai sebuah aplikasi, tujuan compile yang lain untuk mengetahui apakah sintak yang anda buat telah sesuai dengan standar penulisan dari bahasa C). Jika pesan dari proses compile tersebut seperti berikut, tidak ada pesan eror berarti ekstenti file .exe telah berhasil dibuat dan siap dijalankan sebagai sebuah aplikasi.

Setelah proses compile berhasil, jalankan program yang anda buat dengan mekan tombol F10. Kemudian user diminta untuk menginputkan nilai jari-jari dari lingkaran, dan akan menghasilkan keluaran berupa keliling dan luas lingkaran yang telah anda inputkan niai jari-jarinya, seperti gambar berikut

Pembahasan dari Sintak Program Diatas
#include <stdio.h>
Artinya standar input output, sintak ini berfungsi untuk mengaktifkan perintah-perintah input output dari program bahasa C, seperti printf (berfungsi menampilkan suatu tulisan saat program dijalankan), scanf (membaca inputan dari user).

#include<conio.h>
Merupakan library conio yang didalamnya terdapat perintah getch(), yang berfungsi agar saat kita menjalankan ekstenti .exe dari program, program tidak langsung keluar, dan agar bisa dijalankan terlebih dahulu baru keluar.

#define PHI 3.14
Merupakan suatu konstanta dengan nama ‘PHI’ yang memiliki nilai ‘3.14’

main()
Menunjukkan awal dari program yang kita buat, dimana harus berisi tanda ‘{‘ yang menandakan awal dari fungsi main dan diakhiri dengan tanda ‘}’ sebagai akhir dari program tersebut.

int r,luas, keliling;
merupakan bagian deklarasi variabel yang digunakan pada program menghitung keliling dan luas lingkaran ini, yakni variabel r (untuk menampung inputan jari-jari), luas (untuk menampung hasil perhitungan luas), dan keliling (untuk menampung hasil perhitungan keliling) yang semua memiliki tipe data integer.

Merupakan badan dari program yang telah anda buat. Baris ketujuh merupakan judul dari program yang nantinya akan ditampilkan saat proses running. Baris kedelapan merupakan perintah bagi user untuk menginputkan jari-jari yang akan ditampung pada variabel r dibaris kesembilan. Baris kesepuluh merupakan rumus untuk perhitungan keliling lingkaran, baris kesebelas merupakan rumus untuk perhitungan luas lingkaran. Baris keduabelas merupakan perintah untuk menampilkan hasil dari perhitungan keliling lingkaran saat proses running,, baris ketigabelas merupakan perintah untuk menampillkan nilai luas lingkaran saat proses running. Baris keempatbelas dan limabelas merupakan akhir program.
Demikian contoh program bahasa C yang bisa saya paparkan pada kesempatan ini, semoga bermanfaat dalam kehidupan anda. Sampai jumpa dipostingan menarik berikutnya.
Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Information Technology Blog

Copyright © Teknologi Informasi | Designed by Templateism.com