AD (728x60)

Sabtu, 12 November 2016

Contoh Program Bahasa C

Share & Comment
Pada kesempatan sebelumnya, saya telah memaparkan tentang contoh program Bahasa C, yakni program menampilkan identitas diri. Pada kesempatan ini saya kembali akan membahas contoh program bahasa C, namun sedikit berbeda mengenai program yang akan saya bahas, program yang akan saya bahas adalah Program Operasi Dasar Bilangan. Operasi dasar bilangan tersebut mulai dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Pada program ini dibatasi hanya untuk dua bilangan, karena kita akan mulai dari tingkat sederhana. Baiklah untuk mempersingkat waktu mari saja langsung kita mulai.
Pertama buka aplikasi IDE, sama seperti contoh program bahasa C yang pertama, untuk aplikasi IDE saya menggunakan Dev-C. Kemudian untuk membuat file baru klik sources file (atau bisa dengan menekan tombol Ctrl+N).

Setelah itu ketikan sintak seperti berikut

Setelah selesai simpan pekerjaan anda dengan menekan tombol Ctrl+S, kemudian pilih lokasi penyimpanan (misalnya Documents), beri nama pada pekerjaan anda (misalnya operasi bilangan), dan ubah type file menjadi .c. Klik save untuk menyimpan

Setelah berhasil menyimpan, Compile pekerjaan anda dengan menekan tombol F9 (tujua dari compile adalah untuk menerjemahkan sintak yang anda buat, sehingga bisa dimengerti oleh bahasa mesin dan bisa membuat ekstenti file .exe dari program yang anda buat, selain itu tujuan dari compile adalah untuk mengetahui apakah sintak yang anda buat telah sesuai dengan standar penulisan dari bahasa c), jika tidak terdapat pesan eror, berarti sintak yang anda buat telah benar dan siap menjadi program yang dirunning.

Setelah proses compile berhasil, running program anda dengan menekan tombol F10. Berikut merupakan hasil running program yang telah kita bahas, disini anda diminta untuk menginputkan dua bilangan yakni bilangan pertama, dan bilangan kedua, dan akan ditampilkan hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Pembahasan Sintak Program Diatas
#include <stdio.h>
Artinya standar input output, sintak ini berfungsi untuk mengaktifkan perintah-perintah input output dari program bahasa C, seperti printf (berfungsi menampilkan suatu tulisan saat program dijalankan), scanf (membaca inputan dari user).
#include<conio.h>
Merupakan library conio yang didalamnya terdapat perintah getch(), yang berfungsi agar saat kita menjalankan ekstenti .exe dari program, program tidak langsung keluar, dan agar bisa dijalankan terlebih dahulu baru keluar.

main()
Menunjukkan awal dari program yang kita buat, dimana harus berisi tanda ‘{‘ yang menandakan awal dari fungsi main dan diakhiri dengan tanda ‘}’ sebagai akhir dari program tersebut.
int bilangan1, bilangan2, jumlah, kurang, kali;
float bagi;
Merupakan bagian deklarasi variabel, dimana variabel yang digunakan adalah variabel bilangan1 yang berfungsi untuk menampung inputan user yakni bilangan pertama dengan tipe data integer, variabel bilangan2 yang berfungsi untuk menampung inputan user yakni bilangan kedua dengan tipe data integer, variabel jumlah berfungsi untuk menampung hasil penjumlahan dengan tipe data integer, variabel kurang berfungsi untuk menampung hasil pengurangan dengan tipe data integr, variabel kali berfungsi untuk menampung hasil perkalian dengan tipe data integer, dan variabel bagi berfungsi untuk menampung hasil pembagian dengan tipe data float (sebab hasil pembagi dari dua buah bilangan bulat belum tentu menghasilkan bilangan bulat, bisa saja menghasilkan bilangan pecahan, maka dari itu agar dapat disimpan , kita gunakan tipe data float).

Gambar diatas merupakan badan program. Baris kedepalan merupakan judul dari program (‘\t’ artinya kursor akan ditempatkan satu tab ke kanan saat proses running ‘\n’ artinya enter, dimana kursor akan ditempatkan satu spasi ke bawah). Bari kesembilan merupakan, perintah bagi user untuk memasukkan bilangan pertama yang akan dibaca melalui baris kesepuluh. Baris kesebelas merupakan perintah dari user untuk memasukkan bilangan kedua, yang akan dibaca melalui baris ke duabelas. Baris ketigabelas merupakan perhitungan penjumlahan dua bilangan yang ditampung dalam variabel jumlah, baris keempatbelas merupakan pengurangan dua bilangan yang akan ditampung ke variabel kurang, baris kelimabelas merupakan perkalian dua bilangan yang akan ditampung ke variabel kali, baris keenambelas merupakan perhitungan pembagian dua bilangan yang ditampung ke variabel bagi. Baris ke tujuhbelas sampai baris ke duapuluh satu merupakan perintah untuk menampilkan hasil operasi bilangan ke layar.
Demikian pemaparan program, yang dapat saya sampai pada kesempatan ini, semoga bisa bermanfaat dalam kehidupan anda. Sampai jumpa dipostingan menarik berikutnya.
Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Information Technology Blog

Copyright © Teknologi Informasi | Designed by Templateism.com