AD (728x60)

Jumat, 21 Oktober 2016

Cara Setting Router Wireless TP-Link Model TL-WR 941ND

Share & Comment
Router mungkin bukan benda yang baru bagi kalian yang berkecimpung di di bidang IT khususnya Internet. Router adalah sebuah perangkat cerdas yang bisa memanagement jaringan dan membagi jaringan menjadi beberapa sub-sub jaringan. Seiring dengan perkembangan zaman router pun mengalami perkembangan dari segi versinya, salah satunya adalah router wireless. Berikut merupakan cara setting Router Wireless.
Pastikan komputer telah terhubungng dengan port Lan router menggunakan kabel LAN dan pastikan juga LAN komputer  tidak menggunakan IP, karena secara default DHCP mode dari Router wireless sudah aktif. Seperti gambar berikut
Setelah itu buka brwoser anda, misalnya Google Chrome, kemudian ketikkan “192.168.0.1” pada bagian atas goole chrome, untuk login ke Router. Kemudian ketikkan username dan password, secara default user name dan password router adalah admin. Seperti gambar berikut:

Setelah itu klik tab WPS dan klik Disable. Hal ini berfungsi agar saat konek ke WIFI agar tidak digunakan oleh orang tertentu dan bisa digunakan secara umum, setelah selesai klik save. Seperti gambar berikut :
Setelah itu klik tab Network , untuk mengatur IP address. Jika router berfungsi sebagai router IP yang perlu diatur adalah IP WAN , pastikan WAN Connection Type Static, karena IP WAN yang akan memberikan hak access ke internet . Dan IP ini biasanya telah diberikan oleh ISP .Setelah selesai klik save.  Contohnya sebagai berikut :
Dan pastikan IP LAN telah enable
Kemudian klik tab Wireless , untuk mengatur nama WIFI , mode , channel width , dan channel . Pada bagian nama WIFI bebas , pada mode pilih “11bgn Mixed” agar wifi tersebut dapat digunakan oleh semua perangkat wireless . Untuk channel width pilih 20Mhz yang akan menentukan jarak jangkauan . Dan untuk channel sesuai dengan channel AP. Setelah selesai klik save. Contohnya seperti gambar berikut :
Setelah itu klik wireless security untuk mengatur security dari WIFI tersebut. Untuk security version pilih WPA2 untuk tipe personal, kemudin masukkan password yang ingin anda berikan pada WIFI anda.
Setelah itu klik tab DHCP, kemudian klik DHCP setting. Kemudian pastikan DHCP Server Enable . Dan atur IP untuk DHCP, dimulai dari IP start dan IP end . Isikan juga Default Gateway serta DNS, DNS ini biasanya sesuai dengan DNS yang digunakan oleh ISP. Setelah selesai klik save. Contohnya sebagai berikut :
Setelah itu klik Security, kemudian klik basic security, klik disable untuk mematikan firewall, lalu klik save.
Setelah itu klik Remote Management, yang nantinya berfungsi untuk mengontrol router dari kantor (ISP). Kemudian masukkan port dan IP Adress untuk remote management, lalu klik save. Contohnya :
Sekarang setting router telah selesai, restart router anda, klik system tool, lalu klik reebot dan tunggu hingga proses reebot selesai. Caranya :
Setelah selesai merestart router, sambungkan Kabel LAN untuk internet ke Port WAN router wireless. Setelah itu coba connect ke Wifi yang telah dibuat tadi. Seperti berikut
Setelah berhasil connect coba browsing menggunakan Wifi ini . Hasilnya seperti berikut
Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Information Technology Blog

Copyright © Teknologi Informasi | Designed by Templateism.com