AD (728x60)

Senin, 08 April 2019

NCP dan CDN

Share & Comment
Nama Matakuliah        : Network Centric Principles
Kode Matakuliah         : TIJ036308
Dosen Pengampu         : I Putu Agus Eka Pratama
Program Studi             : Teknologi Informasi
Fakultas                       : Teknik
Universitas                   : Universitas Udayana

Hallo semua,  kali ini admin akan menceritakan kembali mengenai NCP atau Net Centric Principle. Cerita ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari artikel NCP dan NCN/NDN. Materi yang dibahas adalah NCP dan CDN.

Oke untuk mempersingkat waktu dan pertemuan langsung saja admin memulai cerita NCP dan CDN.

Seputar CDN
CDN (Content Delivery/Distributed Network) adalah sejumlah node komputer server dengan lokasi yang tersebar secara fisik di sejumlah tempat, yang mana semua node tersebut bersama-sama memberikan layanan pengiriman content dan data kepada pengguna dengan menggunakan basis web sebagai media transmisi content. Hal yang menarik dari CDN adalah delivery content dalam CDN berbeda dengan pengiriman content ataupun data pada hosting konvensional, yang mana pada hosting konvensional kebanyakan menggunakan metode terpusat, sedangkan dalam CDN metode yang digunakan lebih condong ke arah terdistribusi. Contoh penggambaran dari CDN dapat dilihat pada Gambar berikut.

Gambar diatas merupakan contoh penggambaran dari CDN. Sesuai dengan Gambar diatas CDN umumnya dan seharusnya berbasis Cloud Computing yang memiliki kelebihan dari segi reliable. Kelebihan lain dari Cloud Computing kemudahan dari segi melayani pengguna, hal ini dapat terjadi karena server dari CDN tersebar di berbagai wilayah, yang mana ketika terdapat pengguna yang melakukan akses, hal yang akan dilihat pertama kali adalah lokasi geografis dari pengguna, yang kemudian akan dicari server terdekat untuk melayani pengguna, sehingga memungkinkan lebih cepat dan mudah. Kelebihan dari CDN tentunya berbeda dengan metode terpusat yang diterapkan oleh hosting konvensional, yang mana server hanya satu, sehingga terdapat kemungkinan adanya RTO, trafik yang padat, serta berkurang dari segi reliable (latency, delay, jitter, throughput dalam QOS). Contoh penggambaran CDN dengan node tersebar dapat dilihat pada Gambar berikut.

Gambar diatas merupakan contoh penggambaran CDN dengan node tersebar. Hal yang menarik pada Gambar diatas adalah server dari CDN tersebar di beberapa wilayah yang sesuai dengan lokasi geografis dari penggunanya.

CDN dan Kegunaannya
CDN umumnya digunakan pada semua layanan dan aplikasi yang berbasiskan web. Web dipilih dalam CDN karena web memiliki sifat hybrid yang dapat diakses dari berbagai jenis perangkat, baik itu mobile ataupun desktop. Berikut merupakan kegunaan lain dari CDN.
Layanan Web Hosting
CDN dalam web hosting perlu diterapkan karena layanan web hosting umumnya diakses oleh banyak orang yang berada diberbagai wilayah. CDN dalam hal ini diperlukan untuk menjamin akses yang cepat dan mudah kepada pengguna.

Layanan Social Media dan Social Network
Social Media pada era sekarang sangat digemari oleh berbagai kalangan masyarakat dan umumnya terbesar diberbagai negara. CDN dalam hal ini diperlukan untuk memberikan layanan yang dapat melayani banyak akses dari berbagai orang dan umumnya tersebar di berbagai negara tersebut.

Web Bisnis, E-Commerce, E-Business
            CDN dalam web yang diperuntukan untuk bisnis, e-commerce, ataupun e-business dapat membantu dari kemudahan dalam melakukan akses, reliable, sampai sisi keamanannya, sehingga dengan semua hal tersebut sangat diharapkan semua hal yang berhubungan dengan binis dapat semakin lancar dan tanpa ada gangguan, baik itu teknis maupun non teknis.

ERP
ERP dalam suatu perusahaan merupakan layanan yang dapat digunakan untuk mengetahui proses bisnis yang sedang berjalan di perusahaan, ataupun dapat membantu untuk pengambilan keputusan. Selain itu ERP juga dapat dijadikan sebagai suatu service, yang dapat diakses oleh perusahaan atau organisasi lain. Sehingga dari keadaan ini, CDN dapat diterapkan dalam ERP, terutama untuk service yang disediakan untuk perusahaan atau organisasi lain, dengan tujuan untuk menjamin keamana dan reliable.

Web Militer, Web Pemerintah, Web Sekolah
CDN perlu diterapkan pada layanan Web untuk keperluan negara, seperti militer, pemerintah, ataupun sekolah. Tujuan dari penerapan CDN dalam ranah tersebut adalah untuk memberikan layanan yang optimal kepada warga negara, pemerintah, pegawai negara, sampai menjamin dari segi keamanan.

Game Online
            Game online yang dapat mencakup berbagai negara umumnya menerapkan CDN untuk memastikan layanan optimal kepada pengguna game. Selain itu denga adanya CDN dalam game online tersebut dapat memudahkan pengguna dari segi keterhubungan dengan server, penggunaan layanan yang mudah, sampai dari segi kemanana.

CDN dan Penggunaannya
Opsi Pertama
Opsi pertama dalam penggunaan CDN adalah membuat sendiri jaringan CDN dengan berbasis Cloud, namun terdapat beberapa hal yang harus diperhatika. Beberapa hal tersebut adalah budget, SDM yang handal, sampai regulasi setempat.

Opsi Kedua
Opsi kedua dalam penggunaan CDN adalah menggunakan layanan hosting berbasis CDN baik lokal ataupun dari luar. Layanan hosting berbasis CDN saat ini telah banyak tersedia, baik di Indonesia ataupun di luar negeri, dan semua layanan CDN tersebut sudah otomatis berbasis Cloud, ditambah lagi layanan hosting berbasis CDN ini lebih disarankan dibandingkan layanan lain.

Mungkin sekian cerita yang bisa admin bagiakan pada kesempatan kali ini terutama mengenai NCP dan CDN. Semoga cerita ini bermanfaat bagi pembaca dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam perkuliahan. Sampai jumpa diartikel berikutnya dan terimakasih J.

Referensi
Agus Eka Pratama, I Putu; NCP dan CDN (dalam bentuk materi power point).
Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Information Technology Blog

Copyright © Teknologi Informasi | Designed by Templateism.com