AD (728x60)

Minggu, 31 Maret 2019

NCP dan NCN/NDN

Share & Comment
Nama Matakuliah        : Network Centric Principles
Kode Matakuliah         : TIJ036308
Dosen Pengampu         : I Putu Agus Eka Pratama
Program Studi             : Teknologi Informasi
Fakultas                       : Teknik
Universitas                   : Universitas Udayana

Hallo semua,  kali ini admin akan menceritakan kembali mengenai NCP atau Net Centric Principle. Cerita ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari artikel NCP dan ICN. Materi yang dibahas adalah NCP dan NCN/NDN.

Oke untuk mempersingkat waktu dan pertemuan langsung saja admin memulai cerita NCP dan NCN/NDN.

Seputar NCN/NDN (Named Centric Network/Named Data Network)
NCN/NDN (Named Centric Network/Named Data Network) adalah sebuah arsitektur baru dalam dunia jaringan yang mampu menangani komunikasi point to point secara lebih baik, serta dengan metode pengelolaan data dan penamaan, dengan tetap berbasiskan jaringan komputer (Internet). NCN/NDN ini dirasa perlu dalam jaringan (Internet) karena jaringan yang berkembang di era sekarang penuh dengan konten, data, dan informasi dari berbagai service (layanan), maka dari itu untuk melakukan pengelolaan dan penamaan dengan metode yang lebih baik dan efektif NCN/NDN tersebut sangat diperlukan. Contoh penggambaran dari arsitektur NCN/NDN dapat dilihat pada Gambar berikut.

Gambar diatas merupakan salah satu contoh arsitektur dari NCN/NDN dalam NCP. Arsitektur NCN/NDN sesuai dengan Gambar diatas terdiri dari beberapa bagian yang secara umum bekerja dengan prinsip encoding/decoding suatu request menjadi alamat domain begitu juga sebaliknya.

NCN/NDN dan Keamanan Konten
NCN/NDN (Named Centric Network/Named Data Network) dalam jaringan (Internet) lebih berfokus kepada keamanan konten. Untuk dapat menjamin keamanan konten tersebut sangat diperlukan beberapa tipe komunikasi. Tipe komunikasi tersebut dapat dilihat dari sisi sifatnya, yang penjelasannya sebagai berikut.
Scalable
Scalable artinya suatu komunikasi harus mampu menangani pertambahan data dan pengguna yang mungkin terjadi. Sebab dalam melakukan komunikasi pasti pada suatu waktu akan terjadi pengiriman data atau penambahan pengguna jalur komunikasi yang sangat signifikan, maka komunikasi yang baik dituntut untuk dapat menangani hal tersebut.

Automatic Caching
Automatic caching artinya suatu komunikasi dapat melakukan caching atau penyimpanan service yang sering diakses oleh pengguna. Tujuan dari caching ini adalah agar saat pengguna kembali melakukan akses terhadap layanan yang sama dapat lebih cepat.

Routing Scalability
Routing scalability artinya suatu komunikasi harus memiliki kemampuan untuk melakukan perutean paket data sesuai dengan tujuan dari paket data tersebut, serta mampu memastikan bahwa paket data tersebut tersebut sampai pada tujuan dan telah sesuai dengan sumber dari paket data tersebut.

Fast Forwarding
Fast forwading artinya suatu komunikasi harus memiliki kemampuan untuk melakukan penerusan paket data dengan cepat. Fungsi ini diperlukan saat melakukan broadcast paket data untuk seluruh pengguna dalam suatu jaringan.

NCN/NDN dan Packet
NCN/NDN sanga erat hubungan dengan packet data yang akan ditransmisikan dalam jaringan (Internet). Contoh penggambaran NCN/NDN dan packet dapat dilihat pada Gambar berikut.

Gambar diatas merupakan contoh penggambaran hubungan antara NCN/NDN dengan packet. Sesuai dengan gambar diatas NCN/NDN dengan packet memiliki tiga fase, yaitu fase 0 adalah fase yang mana packet mulai ditransmisikan dari jaringan lokal (misalnya bisa menggunakan wireless), fase 1 adalah fase dimana packet dari jaringan lokal mulai ditransmisikan ke jaringan internet, fase 2 adalah fase dimana packet telah diubah menjadi informasi pada bagian aplikasi sehingga bisa dimengerti oleh penerima.

NCN/NDN dan DNS
NCN/NDN juga erat kaitannya dengan DNS. NCN/NDN dapat digunakan untuk melakukan manajemen DNS secara efektif untuk penamaan. Untuk menangani hal tersebut NCN/NDN menggunakan cloud computing, serta dapat mempermudah pengguna, sebab pengguna tidak perlu mengetahui DNS mana yang menerjemahkan IP public ke host mana ataupun sebaliknya.

Mungkin sekian cerita yang bisa admin bagiakan pada kesempatan kali ini terutama mengenai NCP dan NCN/NDN. Semoga cerita ini bermanfaat bagi pembaca dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam perkuliahan. Sampai jumpa diartikel berikutnya dan terimakasih J
Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Information Technology Blog

Copyright © Teknologi Informasi | Designed by Templateism.com