AD (728x60)

Rabu, 11 April 2018

Rangkuman Materi Pertemuan 8

Share & Comment
Nama Matakuliah        : Network Operating System
Kode Matakuliah         : TIJ036308
Dosen Pengampu         : I Putu Agus Eka Pratama
Program Studi             : Teknologi Informasi
Fakultas                       : Teknik
Universitas                   : Universitas Udayana
Rangkuman Materi Pertemuan 8

Hallo semua, kembali lagi bersama admin di blog yang sama. Setelah pada kesempatan terdahulu admin menceritakan tentang pembelajaran yang admin dapat di matakuliah NOS, lebih tepatnya pada pertemuan keempat, dalam kesempatan ini admin kembali akan menceritakan rangkuman pembelajaran yang admin dapatkan di matakuliah NOS lebih tepatnya pada pertemuan kedelapan, tanpa banyak menghabiskan waktu, berikut merupakan cerita admin.

Kernel
Kernel secara sederhana dapat diartikan sebagai inti dari sistem operasi. Secara lebih mendetail kernel dapat diartikan sebagai sebuah program yang pastinya ditulis dengan bahasa pemrograman tertentu (biasanya digunakan bahasa C untuk kernel Linux) yang memuat utilitas, fungsi-fungsi dasar, serta kemampuan utama dari sebuah sistem operasi (termasuk juga network operating system). Kernel dalam sistem operasi meliputi tiga hal yaitu utilitas, process, dan scheduling. Utilitas merupakan program dalam kernel yang berkaitan dengan utilitas (perangkat keras) dari sebuah komputer, dimana dalam utilitas ini berfungsi untuk menghubungkan kernel dengan setiap perangkat keras yang ada dalam komputer. Process merupakan bagian dari kernel yang berkaitan dengan process yang dapat dilakukan oleh sistem operasi, mulai dari proses menghidupkan, menjalankan suatu aplikasi, dan mematikan komputer. Shceduling merupakan bagian dari kernel yang berfungsi untuk mengatur penjadwalan setiap proses yang telah masuk ke dalam komputer. Selain kernel sistem operasi juga terdiri dari software dan sistem, penjelasan mengenai software dan sistem adalah sebagai berikut.
Software
Software merupakan bagaian dari sistem operasi yang terdapat pada layer atas, yang paling dekat dengan user. Software terdiri dari beberapa bagian, sebagai berikut.


Manajemen Paket (Repository)
Manajemen paket berfungsi untuk melakukan manajemen (pengaturan) terhadap semua paket (repository) yang terdapat dalam sistem operasi. Manajemen yang dimaksud mulai dari menambah, menghapus, ataupun menghapus paket. Dalam sistem operasi linux proses manajemen paket biasanya dilakukan dengan perintah comand line, adapun beberapa perintah tersebut adalah sebagai berikut
yum/dnf
apt get
zypper
binari
portage

Server (Repository)
Server merupakan pusat dari keberadaan repository. Dalam sistem operasi linux server dapat berupa link url tempat penyediaan servernya ataupun cd yang sudah terdapat repository linuxnya. Selain itu server (repository) dapat berbasis SDN, cloud, vertualisasi.

Kernel Linux
Kernel linux merupakan inti dari sistem operasi linux. Kernel linux dibuat dengan mengabungkan kernel linux dengan aplikasi-aplikasi berlisensi FOSS (GNU) sehinggal disebut dengan GNU/Linux. Kernel linux pertama kali ditemukan oleh Linus Torvald pada tahun 1991, dimana pada saat itu kernel linux dikembangkan dengan bahasa C. Awal dari pengembangan kernel linux oleh Linus Torvald adalah secara tidak sengaja, dimana pada saat itu beliau hanya mengembangkan kernel linux secara sederhana dan tidak menyadari akan menjadi begitu terkenal. Kernel linux merupakan satu jenis kernel yang open source, dimana code dalam kernel linux bebas diambil dan dimofikasi oleh siapa saja, asalkan dapat dipertanggung jawabkan. Kernel linux juga merupakan dasar dari sistem operasi yang banyak digunakan pada saat ini, mulai dari sistem operasi yang berbasis model yaitu android yang dikembangkan oleh Google, Tizen yang dikembangkan oleh Samsung, perangkat embeded system seperti IOT contohnya wearble device, WSN (Wireless Sensor Network), WBAN, sampai pada perangkat sensor cerdas yang ditanamkan pada smart car yang disebut dengan ITS dikembangkan dengan Kernel Linux. Versi dari kernel linux dapat diketahui dengan mengetikan perintah “uname -a”. Selain itu semua distro (distribusi) dari Linux juga dikembangkan dengan kernel Linux yang dibuat oleh Linus Torvald, contoh distro Linux adalah sebagai berikut.
Berbasis RedHat
Fedora
Fedora (sebelumnya bernama Fedora Core) adalah sebuah distro linux berbasis RPM dan yum yang dikembangkan oleh Fedora project dan didukung oleh komunitas pemrogram serta disponsori oleh Red Hat. Fedora dalam dunia Linux dikenal sebagai sebuah distro yang menjadi pioneer dalam penggunaan teknologi terkini dan merupakan distro yang digunakan oleh Linus Torvalds. Fedora merupakan salah satu distro Linux yang memiliki fitur keamanan yang cukup baik. Salah satu fitur keamanan yang terdapat pada Fedora adalah Security-Enchance Linux, fitur Linux yang mengimplementasikan kebijaksanaan keamanan linux, termasuk pengawasan aksess perintah, melalui modul keamanan Linux.

Cent OS
CentOS (Community ENTerprise Operating System) adalah sebuah distribusi linux sebagai bentuk dari usaha untuk menyediakan platform komputasi berkelas enterprise yang memiliki kompatibilitas kode biner sepenuhnya dengan kode sumber yang menjadi induknya, Red Hat Enterprise Linux (RHEL). RHEL merupakan distribusi linux berbayar yang menyediakan akses terhadap update atas perangkat lunak dan beragam jenis dukungan teknis. Distribusi linux ini sebenarnya merupakan gabungan dari sejumlah peragkat lunak yang didistribusikan dibawah Lisensi perangkat lunak bebas dan kode sumber atas paket perangkat lunak ini dirilis ke publik oleh Red Hat sebagai bagian dari kesepakatan dalam lisensi yang digunakan.
CentOS tersedia secara gratis, dukungan teknis utamanya disediakan terhadap para pengguna melalui milis, forum berbasis web, ataupun chat. Proyek CentOS tidak berafiliasi dengan Red Hat, sehingga proyek CentOS berjalan tanpa mendapatkan bantuan apapun dari Red Hat. Untuk penggalangan dana, CentOS berbasis donasi dari para pengguna serta sponsor dari perusahaan-perusahaan yang menggunakannya.

Berbasis Debian
Ubuntu
Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "kemanusiaan kepada sesama". Ubuntu terdiri dari banyak paket, kebanyakan berasal dari distribusi di bawah lisensi lisensi software bebas. Namun, beberapa software khususnya driver menggunakan Proprietary software[19]. Lisensi yang pada umumnya adalah GNU General Public License (GNU GPL) dan GNU Lesser General Public License (GNU LGPL), dengan tegas menyatakan bahwa pengguna dengan bebas dapat menjalankan, menggandakan, mempelajarai, memodifikasi, dan mendistribusikan tanpa pembatasan apapun.

Slackware
Slackware merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Patrick Volkerding dari Slackware Linux, Inc. Tujuan utama Slackware adalah stabilitas dan kemudahan desain, serta menjadi distribusi Linux yang paling mirip Unix. Nama "Slackware" berasal dari fakta bahwa distribusi ini dimulai sebagai sebuah proyek pihak swasta tanpa komitmen apa-apa. Untuk mencegah proyek ini menjadi terlalu serius pada awalnya, Volkerding memberi nama yang lucu itu, yang kemudian tetap bertahan bahkan setelah Slackware menjadi proyek serius.

Gentoo
Gentoo Linux adalah suatu distribusi Linux yang memakai paket sistem manajemen Portage. Manajemen paket ini dirancang untuk modular (mudah ditambah-tambah), portabel (dapat di port ke distro lain), mudah ditata, fleksibel, dan dioptimalkan untuk masing-masing komputer pengguna. Paket-paketnya biasanya dibangun dari kode sumber (source), walaupun untuk kenyamanan, sebagian besar paket perangkat lunak juga tersedia dalam bentuk binari. Gentoo Linux 1.0 dirilis pada 31 Maret 2002. Pada tahun 2004, Robbins mendirikan organisasi non-profit Gentoo Foundation, lalu memindahkan seluruh hak cipta distribusi Gentoonya ke organisasi ini, dan mengumumkan dirinya sebagai pemimpin proyek Gentoo Linux.

Arch
Arch Linux (atau Arch) adalah sebuah distro i686/x86-64 yang dikembangkan secara independen berdasarkan model paket rolling-release. Pendekatan desain pengembang distro ini berfokus pada minimalisme, keanggunan kode, kebenaran program dan modernitas. Versi 0.1 (Homer) telah dirilis pada 11 Maret 2002. Arch menggunakan sistem paket binary yang mudah digunakan (pacman) yang mengizinkan anda untuk mengupgrade sistem dengan satu perintah. Pacman dibangun dengan bahasa C dan didesain untuk ringan dari bawah hingga ke ujung atas untuk menjadi ringan, simple, dan sangat cepat. Arch juga menyediakan sistem pemaketan yang ports-like (Arch Build System) untuk memudahkan membuat paket dan menginstal paket dari kode sumber, dan bisa disinkronisasikan dengan satu perintah. Bahkan anda juga dapat membangun kembali sistem anda dengan satu perintah.

Penggambaran Kernel Linux
Kernel linux memiliki beberapa bagian, penggambaran dari setiap bagian dalam kernel linux dapat dilihat pada Gambar berikut.
Gambar diatas merupakan penggambaran dari kernel linux. Sesuai dengan Gambar diatas kernel linux memiliki beberapa fungsi yang terdiri dari beberapa layer.

Jenis NOS (Network Operating System)
Network operating system memiliki beberapa jenis sesuai dengan fungsi dari NOS tersebut. Berikut merupakan jenis-jenis dari NOS.
Free BSD/Open BSD
FreeBSD adalah sebuah sistem operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T lewat cabang Berkeley Software Distribution (BSD) yaitu sistem operasi 386BSD dan 4.4BSD-Lite. FreeBSD rilis 6.4 menjadi rilis terakhir untuk dukungan kepada arsitektur DEC Alpha. FreeBSD merupakan turunan dari Berkeley UNIX. Akan tetapi, FreeBSD tidak bisa dipanggil sebagai Unix. Free BSD terdiri dari dua versi yaitu Free BSD merupakan versi text dan PC BSD merupakan versi GUI.

Clear OS
ClearOS (sebelumnya bernama ClarkConnect) adalah distribusi Linux, berdasarkan CentOS dan Red Hat Enterprise Linux, yang dirancang untuk digunakan dalam usaha kecil dan menengah sebagai gateway jaringan dan server jaringan dengan antarmuka administrasi berbasis web. Ini dirancang untuk menjadi alternatif untuk Windows Small Business Server. ClearOS berhasil ClarkConnect. Perangkat lunak ini dibangun oleh ClearFoundation, dan layanan dukungan dapat dibeli dari ClearCenter. ClearOS 5.1 menghilangkan keterbatasan sebelumnya ke email, fungsi DMZ, dan MultiWAN. Fitur yang dimiliki oleh Clear OS adalah firewall stateful (iptables), jaringan dan keamanan, virtual private network, web proxy.

Mikrotik
Mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP, provider hotspot dan warnet. Fitur yang ditawarkan oleh mikrotik adalah firewall, NAT, Routing, Hotspot, DHCP.

Tiny OS
TinyOS merupakan sistem operasi open-source yang didesain khusus untuk jaringan sensor nirkabel. TinyOS memiliki arsitektur berbasis komponen yang mendukung adanya inovasi dan implementasi jaringan sensor nirkabel dengan meminimalisasi ukuran kode yand dibutuhkan sebagaimana karakteristik jaringan sensor yang memiliki sedikit memori. Komponen librari TinyOS terdiri dari protokol jaringan, layanan distribusi sensor, driver sensor, dan software pengamatan data sensor yang dapat digunakan untuk melakukan monitoring jaringan sensor.

Praktik
Kernel linux merupakan salah satu jenis kernel yang bersifat open source. Dikatakan open source karena code dari kernel linux terbuka untuk umum dan dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan asalkan masih secara bertanggung jawab. Berikut merupakan praktik mandiri membedah codingan yang terdapat pada kernel linux. Contoh codingan dari kernel linux dapat dilihat pada gambar barikut.
Gambar diatas merupakan salah satu file yang terdapat pada kernel linux. File pada gambar diatas adalah file sched.c yang merupakan file scheduling pada kernel linux. Sesuai dengan Gambar diatas file scheduling menggunakan beberapa library dengan ekstensi .h (yang berarti header) serta memiliki beberapa prosedur yang berkaitan dengan pengaturan scheduling pada OS linux. Scheduling yang dimaksud adalah pengaturan penerimaan instruksi, eksekusi instruksi, dan pemberhentian instruksi.
Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Information Technology Blog

Copyright © Teknologi Informasi | Designed by Templateism.com