AD (728x60)

Rabu, 11 April 2018

Rangkuman Materi Pertemuan 9

Share & Comment
Nama Matakuliah        : Network Operating System
Kode Matakuliah         : TIJ036308
Dosen Pengampu         : I Putu Agus Eka Pratama
Program Studi             : Teknologi Informasi
Fakultas                       : Teknik
Universitas                   : Universitas Udayana
Rangkuman Materi Pertemuan 9

Hallo semua, kembali lagi bersama admin di blog yang sama. Setelah pada kesempatan terdahulu admin menceritakan tentang pembelajaran yang admin dapat di matakuliah NOS, lebih tepatnya pada pertemuan kedelapan, dalam kesempatan ini admin kembali akan menceritakan rangkuman pembelajaran yang admin dapatkan di matakuliah NOS lebih tepatnya pada pertemuan kesembilan, tanpa banyak menghabiskan waktu, berikut merupakan cerita admin.

Server
Server secara sederhana dapat diartikan sebagai pelayan client. Secara lebih mendalam sever dapat diartikan sebagai sebuah komputer dalam jaringan yang berfungsi sebagai pusat penyedia layanan bagi komputer client yang terhubung dengan jaringan, jaringan yang dimaksud adalah bisa jaringan internet ataupun jaringan intranet. Layanan yang disediakan oleh server sebanarnya beragam sesuai dengan kebutuhan dari client saja, contoh layanan yang dimiliki oleh server adalah mail, cloud, web, DNS, Database. Sama seperti komputer lain, server juga memerlukan sistem operasi. Sistem operasi yang diperuntukan untuk server berbeda dengan sistem operasi untuk komputer client. Sebab sistem operasi untuk server harus memiliki beberapa keriteria yang harus dipenuhi, mulai dari sisi keamanan, kemudahan, hemat dari segi penggunaan resource komputasi, handal dalam jaringan komputer, termasuk juga mampu melayani request yang banyak dari client. Tujuan dari pemenuhan keriteria tersebut adalah untuk memberikan kepuasan kepada client. Contoh dari server yang banyak dikembangkan didunia adalah web server, perbandingan jenis web server yang banyak digunakan didunia dapat dilihat pada Gambar berikut.
Gambar diatas merupakan perbandingan web server yang banyak digunakan didunia. Sesuai dengan Gambar diatas web server yang paling banyak digunakan didunia adalah apache.

NOS untuk Server
Sistem operasi untuk server sering disebut dengan sistem operasi server atau sistem operasi jaringan (Network Operating System). NOS memiliki banyak jenis, namun yang paling banyak digunakan adalah Linux, sebab merupakan sistem operasi jaringan yang open source dan banyak memiliki dukungan dari berbagai komunitas. Contoh lain dari NOS untuk server adalah sebagai berikut.
Free BSD dan semua varian BSD (Open BSD, Dragin Fly BSD, PC BSD).
FreeBSD adalah sebuah sistem operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T lewat cabang Berkeley Software Distribution (BSD) yaitu sistem operasi 386BSD dan 4.4BSD-Lite. FreeBSD rilis 6.4 menjadi rilis terakhir untuk dukungan kepada arsitektur DEC Alpha. FreeBSD merupakan turunan dari Berkeley UNIX. Akan tetapi, FreeBSD tidak bisa dipanggil sebagai Unix. Free BSD terdiri dari dua versi yaitu Free BSD merupakan versi text dan PC BSD merupakan versi GUI.

Sun Solaris.
Sun Solaris atau dikenal dengan SunOS atau Sun adalah system operasi computer yang dikembangkan oleh Sun Microsystem yang merupakan nama lain dari perkembangan jenis perangkat lunak sistem operasi UNIX. Arsitektur perangkat keras yang biasa digunakan oleh Solaris adalah SPARC, x86 dan AMD64. Tiga komponen utama dari Sun Solaris Operating System adalah Kernel adalah inti dari sistem operasi Sun Solaris dan mengatur semua sumber daya fisik komputer, Shell berfungsi sebagai penghubung antara pemakai dan kernel. Selain itu Shell juga bertindak sebagai intepreter dan Hirarki direktori berisi kumpulan dari direktori-direktori Secara default, shell untuk sistem operasi Sun adalah bourne shell.

UNIX, MINIX, IRIX.
UNIX adalah sistem operasi yang digunakan sebagai sistem operasi yang digunakan pada berbagai jenis komputer, terutama komputer mini baik sebagai workstation atau server (sistem yang menyediakan pelayanan pada jaringan). Unix didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking, multi-user, sistem berkas hierarkis dan utilitas.

Windows Server
Windows server adalah sistem operasi versi Windows yang khusus digunakan untuk server atau datacenter. Biasanya digunakan sebagai server networking perusahaan, berbagai layanan berbasis cloud, atau sebagai server website, web app dan lain sebagainya. Windows server terdiri dari beberapa versi, contohnya windows server 2003, windows server 2008, windows server 2012, windows server 2016

Lalu dari sekian banyak NOS untuk server, sistem operasi manakah yang paling populer?. Berikut merupakan urutan NOS untuk server yang paling populer.
Gambar diatas merupakan urutan NOS untuk server yang paling populer didunia. Sesuai dengan Gambar diatas NOS untuk server yang paling populer dan berada diurutan pertama adalah Ubuntu.

Berikut merupakan NOS yang paling populer untuk server cloud (penyimpanan berbasis jaringan).

Statistik penggunaan sistem operasi untuk server dapat dilihat pada Gambar berikut. Gambar berikut juga menjelaskan sistem operasi Linux yang paling populer dikalangan server.

Mengapa Memilih Linux dan BSD
Berdasarkan data dari keseluruhan penggunaan NOS untuk server, sebagian besar masyarakat dunia memilih OS Linux dan BSD untuk NOS server. Alasan pemilihan Linux dan BSD untuk NOS adalah sebagai berikut.
Lebih aman
Linux dan BSD merupakan contoh sistem operasi dengan tingkat keamanan yang baik. Sebab jarang sekali Linux dan BSD yang dapat terserang virus. Hal ini bisa terjadi karena Linux dan BSD memiliki aplikasi sendiri yang hanya dapat diunduh dari server resmi Linux dan BSD, sehingga sangat jarang dapat dilakukan penanaman virus dalam aplikasi tersebut.

Dukungan Komunitas dan Enterprise
Linux dan BSD memiliki banyak sekali dukungan dari komunitas-komunitas pengembangan Linux. Sehingga merupakan salah satu sistem operasi yang cukup mudah untuk dipelajari dan mudah untuk digunakan.

Open Source
Open source disini dimaksud dengan Linux dan BSD memiliki kode program yang terbuka, sehingga dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan (dengan ketentuan tetap bertanggung jawab), mendukung banyak platform dan teknologi terkini yang terdapat didunia

Memiliki Kekuatan dari Sisi Software
Software yang dikembangkan untuk Linux dan BSD sangat jarang yang menghabiskan resource komputasi yang besar, sehingga dapat memperkecil kemungkinan terjadinya bug dalam software tersebut.

Pemilihan, Manajemen, Konfigurasi, Maintenance NOS untuk Server
Penjelasan mengenai pemilihan, manajemen, konfigurasi, maintenance NOS untuk server adalah sebagai berikut.
Pemilihan
Pemilihan NOS untuk server harus menggunakan beberapa pertimbangan. Pertimbangan yang dimaksud diantaranya keamanan, kenyamanan, dukungan (komunitas, enterperise), budget (biaya), kebutuhan.

Manajemen
Manajemen yang dimaksud adalah manajemen seluruh aktivitas yang terdapat dalam server, baik itu proses dalam jaringan, maupun yang berkaitan dengan client. Contoh dari manajemen adalah manajemen pengguna, hak akses, kepemilikan (file, folder), memori, penyimpanan.

Konfigurasi
Konfigurasi yang dimaksud adalah melakukan segala jenis konfigurasi yang berkaitan dengan layanan yang akan dikembangkan pada server. Konfigurasi pada sistem operasi Linux ditempatkan pada direktori /etc/

Maintenance
Maintenance adalah suatu cara yang dapat dilakukan untuk melakukan perawatan terhadap server. Perawatan ini dimaksudkan agar server dapat terus berjalan secara stabil dan tidak terjadi kesalahan yang dapat mempengaruhi kinerja jaringan. Maintenance dapat dilakukan secara berkala dalam rentang waktu tertentu, seperti per hari, per minggu, per bulan, atau secara cron.
Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Information Technology Blog

Copyright © Teknologi Informasi | Designed by Templateism.com