AD (728x60)

Minggu, 24 Februari 2019

NCOIC (Network Centric Operations Industry Consortium)

Share & Comment
Nama Matakuliah        : Network Centric Principles
Kode Matakuliah         : TIJ036308
Dosen Pengampu         : I Putu Agus Eka Pratama
Program Studi             : Teknologi Informasi
Fakultas                       : Teknik
Universitas                   : Universitas Udayana

Hallo semua,  kali ini admin akan menceritakan kembali mengenai NCP atau Net Centric Principle. Cerita ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari artikel NCP dan Era Sekarang yang sebelumnya telah admin ceritakan. Cerita ini akan membahas mengenai hal yang berkaitan dengan NCOIC.

Oke untuk mempersingkat waktu dan pertemuan langsung saja admin memulai cerita dari pengertian Net Centric dan NCOIC itu sendiri.

Net Centric dan NCOIC
Net Centric pada era sekarang telah banyak diterapkan di berbagai bidang kehidupan, seperti di bidang pemerintahan, perusahaan swasta, organisasi non profit, militer, dan masih banyak lagi bidang lainnya. Beranjak dari banyaknya negara yang mengembangkan NCP didunia, maka dirasa perlu adanya sebuah wadah komunikasi antar negara, penggiat, pengguna, vendor, dan stakeholder lainnya yang terkait dengan prinsip dan implementasi dari NCP itu sendiri. Selain wadah untuk berkomunikasi, perlu juga adanya suatu regulasi atau badan yang mengatur standarisasi, aturan, hingga protokol dan aplikasi yang mendukung di dalam jalannya Net Centric Principle. Untuk memenuhi dan menjawab semua pernyataan mengenai wadah komunikasi dan standarisasi NCP, maka dibentuklah NCOIC pada tahun 2004.


NCOIC
NCOIC (Network Centric Operations Industry Consortium dengan website resmi www.ncoic.org) adalah organisasi skala internasional yang berfokus pada akselerasi global dalam hal penggunaan dan pengembangan system NCP di seluruh negara. Tujuan dari NCOIC adalah sebagai berikut.
  1. Meningkatkan produktifitas, interaksi, kemanan, kenyamanan dari implementasi dan pemanfataan Net Centric sekaligus tempat untuk sharing informasi antar anggota.
  2. NCOIC merupakan organisasi yang memfasilitasi keperluan standar NCP dari berbagai negara dengan sistem keanggotaaan, dimana negara harus mendaftar terlebih dahulu dengan biaya yang bervariasi.

Secara umum penggambaran dari tujuan dan fungsi NCOIC dapat dilihat pada Gambar dibawah ini.

Berdasarkan Gambar diatas setiap Net-Centric Patterns akan dibekali dengan Frameworks yang terdapat kemungkinkan berbeda, kemudian untuk menyatukan komunikasi digunakanlah standar NIF. Kemudian berdasarkan hal tersebut untuk memudahkan pemahaman dilakukan pengelompkan berdasarkan principles, requirements, architecture, design, build & integrate, test & eval.

5 Prinsip NCP pada NCOIC
  1. Dinamis. Dinamis artinya semua entitas yang terdapat didalam NCP harus terbiasa mendukung lingkungan (enviroment) dan kebiasaaan (behavior) yang bersifat dinamis,
  2. Global. Global artinya penerapan NCP harus bersifat global (mencakup semua), tidak dibatasi oleh perbedaan platform, OS, aplikasi, ataupun device.
  3. Eksplisit. Eksplisit artinya informasi yang ditampilkan di NCP harus eksplisit atau mampu dipaparkan dengan jelas dan tidak membingungkan.
  4. Simetrik. Simetrik artinya relasi dan entitas dalam NCP harus bersifat simetris atau teratur dari sisi struktur sehingga mudah untuk dipahami.
  5. Entitas. Entitas artinya dalam NCP setiap entitas harus memiliki identitas dan pengenal yang bersifat unik (berbeda). 


Mungkin sekian cerita yang bisa admin bagiakan pada kesempatan kali ini terutama mengenai hal yang berkaitan dengan NCP. Semoga cerita ini bermanfaat bagi pembaca dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam perkuliahan. Sampai jumpa diartikel berikutnya dan terimakasih J
Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Information Technology Blog

Copyright © Teknologi Informasi | Designed by Templateism.com