AD (728x60)

Jumat, 28 Oktober 2016

Pengantar Pemrograman Bahasa C

Share & Comment
Bahasa pemrograman pertama kali ditemukan oleh Martin Richards pada tahun 1967 yang disebut dengan bahasa BCPL, selanjutnya pada tahun 1970 Ken Thompson mengembangkan bahasa B. Perkembangan dari bahasa B adalah bahasa C oleh Dennis Ricthie sekitar tahun 1970-an di Bell Telephone Laboratories Inc (sekarang adalah AT&T Bell Laboratories).
Penggunaan bahasa C untuk pertama kalinya adalah pada computer Digital Equipment Corporation PDP- 11 yang menggunakan system operasi UNIX. C adalah bahasa standar, artinya suatu program ditulis dengan versi bahasa C tertentu akan dapat dikompilasi dengan versi bahasa C yang lain dengan sedikit modifikasi. Bahasa C adalah bahasa yang paling populer, oleh karena itu digunakan mulai dari mikro komputer hingga super komputer. Untuk menstandarisasikannya maka dibentuk komite pada tahun 1983 yang menetapkan standar ANSI untuk bahasa C. Hingga saat ini penggunaan bahasa C telah merata di seluruh dunia.
Bahasa C merupakan sala satu bahasa pemrograman tingkat menengah atau bahasa yang lebih tinggi dari bahasa mesin. Sehingga bahasa C terlihat lebih manusiawi dan lebih mudah untuk dimengerti oleh programer. Bayangkan jika yang ada hanya bahasa mesin dan bahasa assembly, pasti seorang programer akan kelelahan untuk membuat suatu program, sebab dalam bahasa mesin dan bahasa assembly untuk membuat suatu perintah saja membutuhkan banyak sintak, yang bahasanya kurang manusiawi.
Adapun Karakteristik Bahasa C yaitu:
  • Bahasa C tersedia hampir di semua jenis Komputer
  • Kode bahasa C sifatnya adalah Portabel (dapat digunakan di semua jenis komputer mulai dari komputer mikro hingga super komputer).
  • Bahasa C hanya menyediakan sedikit kata-kata kunci (32 keyword)
  • Proses executable program lebih cepat
  • Dukungan pustaka yang banyak (terdapat banyak buku tentang pemrograman bahasa C)
  • Bahasa C adalah pemrograman yang terstruktur dan merupakan bahasa tingkat tinggi, namun dapat pula dikatakan sebagai bahasa tingkat menengah karena mempunyai kemampuan seperti bahasa low level(tingkat rendah).
Adapun hal yang perlu dipersiapkan dalam membuat program dengan bahasa C adalah:
Cara Sulit:
  • Text editor, bisa berupa Notepad++
  • Buat file dengan ekstensi .c, contoh pada cmd: notepad main.c
  • Install GCC
  • Buka cmd, dan compile dengan perintah: gcc -o nama_file nama_file.c
Cara Mudah
Dengan menggunakan IDE (Integrated Development Environment). Jadi dengan IDE ini jika cukup membuat program bahasa C pada aplikasi ini, kemudian kita lakukan kompilasi dan langsung bisa melihat hasil outputnya. Contoh dari IDE adalah: Code Blocks, Code Lite, Dev C, Microsoft Visual Basic.
Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Information Technology Blog

Copyright © Teknologi Informasi | Designed by Templateism.com