AD (728x60)

Senin, 19 Februari 2018

Rangkuman Materi Pertemuan 1

Share & Comment
Nama Matakuliah        : Network Operating System
Kode Matakuliah         : TIJ036308
Dosen Pengampu         : I Putu Agus Eka Pratama
Program Studi             : Teknologi Informasi
Fakultas                       : Teknik
Universitas                   : Universitas Udayana
Rangkuman Materi Pertemuan 1

Hallo semua,  kali ini admin akan menceritakan sedikit pembelajaran yang admin dapatkan di perkuliahan, khususnya mengenai salah satu matakuliah yang berada di konsentrasi MKJ (Manajemen Keamanan Jaringa) yaitu matakuliah NOS (Network Operating System). Gak sabar baca cerita dari admin, langsung saja admin ceritakan.



Sebelum melangkah ke materi admin ingin menceritakan sedikit tentang matakuliah network operating system ya. Matakuliah network operating system merupakan salah satu matakuliah yang membahas mengenai sistem operasi yang digunakan untuk mengelola suatu jaringan komputer. Hal yang akan dibahas pada matakuliah NOS adalah konsep dasar dari sistem operasi secara umum seperti, pengertian sistem operasi, perkembangan sistem operasi (evolusi sistem operasi), fungsi-fungsi yang dimiliki oleh sebuah sistem operasi, lalu menuju ke hal yang lebih mendalam tentang NOS, mulai dari konsep dasar NOS, karakteristik NOS, jenis-jenis NOS, serta penerapan NOS dalam jaringan komputer.

Tanpa banyak membuang waktu, berikut merupakan hal yang admin pelajari dari perkuliahan pertama matakuliah NOS.

Konsep Dasar Sistem Operasi
Sistem operasi secara harfiah berasal dari kata sistem dan operasi. Sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu (Jogiyanto, 1999:1). Operasi dapat diartikan sebagai suatu pekerjaan atau aktivitas yang sudah memiliki suatu aturan atau prosedur. Sistem operasi menurut William Stalling dapat diartkan sebagai suatu program komputer (software) yang bertindak sebagai penghubung dan tatap muka (interface) antara hardware dengan software lainnya, selain itu sistem operasi juga memiliki fungsi untuk mengontrol eksekusi program atau aplikasi didalam komputer. Sistem operasi juga berfungsi sebagai tatap muka antara pengguna (brainware) dengan perangkat keras komputer (hardware).

Peran Sistem Operasi
Sistem operasi memiliki beberapa peran dalam dunia komputerisasi. Berikut merupakan peran sistem operasi.
Memudahkan Pengguna Komputer
Sistem operasi memudahkan pengguna komputer untuk dapat berinteraksi dengan perangkat keras yang dimiliki oleh setiap komputer. Selain itu sistem operasi juga memudahkan komputer untuk berinteraksi dengan program aplikasi. Sehingga dapat dikatakan sistem operasi memudahkan pengguna komputer

Efisiensi Sumber Daya Komputasi
Sistem operasi memiliki fungsi untuk melakukan efisiensi terhadap perangkat keras yang dimilki oleh komputer. Sehingga sistem operasi akan melakukan penyesuaian terhadap perangkat keras yang dimiliki oleh suatu komputer.

Membantu Pengembangan, Pengujian, Perbaikan Aplikasi dan Layanan
Suatu sistem operasi memiliki peran sebagai penghubung antara program aplikasi dengan perangkat keras komputer, termasuk aplikasi yang digunakan untuk pengembangan, pengujian, dan perbaikan aplikasi baru, sebab tanpa sistem operasi mustahil sebuah software yang digunakan dalam pengembangan aplikasi dapat dijalankan pada suatu komputer.

Jenis Sistem Operasi Jaringan
Sistem operasi jaringan merupakan sebuah sistem operasi yang berfungsi untuk mengelola suatu jaringan komputer. Sistem operasi jaringan sebenarnya memiliki banyak jenis, namun secara umum sistem operasi yang paling sering digunakan dan merupakan sistem operasi jaringan yang open source serta tidak berbayar adalah sistem operasi yang berbasis Linux dan Free BSD.
Linux
Linux merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Linus Torvald. Linux dipilih sebagai salah satu sitem operasi jaringan karena Linux merupakan salah satu sistem operasi yang gratis dan open source, selain itu Linux juga memiliki sistem keamanan yang baik, serta banyak aplikasi jaringan komputer yang sudah support Linux. Kemampuan lain dari Linux adalah sistem manajemen user yang baik serta kemampuan multitasking yang baik. Contoh distro Linux yang sering digunakan untuk sistem operasi jaringan adalah Ubuntuk Server, Debian, CentOS, Redhat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Free BSD
FreeBSD adalah sistem operasi tingkat lanjut yang kompatibel untuk x86 (termasuk Pentium® and Athlon™), amd64 (termasuk Opteron™, Athlon™64, and EM64T), ARM, IA-64, PowerPC, PC-98 dan UltraSPARC® architectures. Free BSD dikembangkan dari BSD, versi dari UNIX® yang dikembangkan di the University of California, Berkeley. Free BSD dikembangkan dan dpelihara oleh sebuah tim yang terdiri dari individu-individu. Platform tambahan sedang dalam tahap pengembangan yang berbeda-beda.

Struktur Hardware dan Software Komputer
Sistem operasi yang merupakan penghubung antara hardware dan aplikasi berapa diantara kedua hal tersebut dan memiliki struktur tertentu. Struktur hardware dan software komputer dapat dilihat pada gambar berikut.

Sesuai dengan gambar diatas struktur hardware dan software komputer terdiri dari beberapa bagian. Hardware komputer terdiri dari I/O devices yang merupakan perangkat tambahan komputer dan membantu kinerja komputer dalam menjalankan fungsi utamanya, networking yang merupakan penghubung komputer dengan jaringan komputer, Main memory yang merupakan perangkat penyimpanan komputer saat melakukan pemrosesan, system interconnect yang merupakan jalur penghubung keseluruhan komponen yang terdapat dalam motherboard, execution hardware yang berfungsi sebagai perangkat keras untuk mengeksekusi setiap instruksi yang diberikan kepada komputer. Software terdiri dari operating system yang merupakan penghubung antara aplikasi dengan perangkat keras, Libraries (utilities) yang merupakan software pengendali hardware, serta application programs yang merupakan software yang dapat digunakan oleh pengguna

10 Peran Sistem Operasi
Membantu Pengembangan Software (IDE, Debugger, Editor)
Sistem operasi memiliki peran untuk membantu mengembangkan software, sebab tanpa adanya sistem operasi, mustahil aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan software dapat dijalankan. Dalam pengembangan software sistem operasi juga membantu IDE dalam melakukan debugger pengembangan suatu software dengan menghubungkan IDE dengan perangkat keras yang diperlukan.

Eksekusi Program
Tanpa disadari sistem operasi juga turut serta berperan dalam melakukan eksekusi terhadap suatu program komputer. Hal ini bisa terjadi karena sistem operasi yang menjembatani antara instruksi yang akan dijalankan saat eksekusi program dengan hardware yang diperlukan untuk eksekusi program tersebut.

Akses ke I/O Device
Sistem operasi juga mengatur pengaksesan terhadap suatu perangkat peripheral berdasarkan instruksi yang dimasukkan ke komputer.

Kontrol Akses ke File dan Data
Sistem operasi memiliki suatu fungsi keamanan, khususnya untuk akses file dan data. Salah satu fitur keamanan yang dimiliki oleh sistem operasi adalah enkripsi file dan data, selanjutnya akses ke file dapat berupa full, read and write, dan read only.

Akses ke Sistem
Akses ke sistem dalam sistem operasi lebih dimaksudkan untuk melakukan manajemen user dengan suatu hak akses. Hak akses dari seorang user dapat dibagi menjadi super user dan user biasa.

Deteksi Error dan Penanganannya
Sistem operasi memiliki fitur untuk deteksi eror dalam komputer, salah satunya adalah deteksi eror pada hardware komputer. Contohnya akan terjadi blue screen jika terjadi suatu problem dalam hardware komputer, namun disisi lain sistem operasi juga memiliki fungsi untuk menangani bluen screen tersebut.

Menghitung Statistik Penggunaan Resource Komputasi
Sistem operasi juga memiliki fungsi untuk menghitung penggunaan setiap resource yang dimiliki oleh komputer, resource tersebut seperti prosessor, RAM, Disk, Network. Contohnya dalam sistem operasi windows statistik penggunaan resource komputasi dapat dilihat pada windows task manager, yang contohnya dapat dilihat pada gambar berikut.

Manajemen Instruksi Melalui Bahasa Mesin
Sistem operasi berfungsi untuk menerjemahkan instruksi yang diberikan kepada komputer manjadi bahasa mesin agar dapat dimengerti oleh hardware komputer, serta melakukan manajemen terhadap instruksi tersebut, agar tidak terdapat instruksi yang menghambat instruksi lain.

Pananganan Data Binari
Sistem operasi juga berfungsi untuk menerjemahkan data yang berbentuk binari menjadi bentuk yang dapat dimengerti oleh pengguna komputer.

Penyediaan API (Application Programming Interfaces)
Sistem operasi memiliki suatu fungsi untuk menyediakan sekumpulan intruksi yang digunakan untuk mengembangkan suatu software. Kemudian sistem operasi juga melakukan penerjemahan dari instruksi yang diberikan oleh IDE dalam pengembangan suatu software dan mengirimnya ke hardware, kemudian dari hardware sistem operasi kembali menerjemahkan dan mengirim ke IDE sehingga dihasilkan suatu output yang sesuai dengan instruksi yang diberikan.

Sistem Operasi dan Manajemen Resource
Sistem operasi sangat erat hubungannya dengan manajemen resource suatu hardware komputer, penggambaran sistem operasi dan manajemen resource dapat dilihat pada gambar berikut.

Gambar diatas merupakan penggambaran sistem operasi dan manajemen resource. Sesuai dengan gambar diatas instruksi yang diberikan kepada sebuah komputer akan dikontrol oleh sistem operasi dan diarahkan menuju ke prosessor dengan tujuan untuk melakukan eksekusi program, serta melakukan penjadwalan untuk melakukan eksekusi tersebut, yang diwujudkan dengan pembatasan waktu eksekusi, serta jika terdapat instruksi yang tidak bisa dieksekusi akan dilakukan termite dan sistem operasi akan menampilkan suatu pesan, sebagai bukti bahwa instruksi yang diberikan telah gagal.

Referensi : Agus, eka, pratama. 2018. Network Operating System. Universitas Udayana
Sekian rangkuman materi pertemuan pertama yang dapat admin sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca dan dapat menambah wawasan pembaca, akhir kata admin ucapkan terimakasih.
Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Information Technology Blog

Copyright © Teknologi Informasi | Designed by Templateism.com