AD (728x60)

Kamis, 22 September 2016

Algoritma

Share & Comment
Algoritma adalah himpunan berhingga dari instruksi secara jelas yang memperinci langkah proses pemecahan dan pelaksanaan penyelesailan suatu masalah. Atau secara sederhana algoritma dapat diartikan urutan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah yang dibuat berdasarkan logika, agar lebih mudah untuk dimengerti. Dalam membuat suatu algoritma harus memperhatikan beberapa hal, agar nantinya algoritma yang kita buat dapat menghasilkan suatu output dan mempunyai tingkat efisiensi yang baik, dalam artian tidak ada langkah yang berlebihan. Dalam algoritma dikenal tiga hal yang harus dilakukan yakni membuat suatu algoritma, melakukan eksekusi terhadap suatu algoritma, dan harus ada evisiensi suatu algoritma.
Menurut Donald E Kunth suatu algoritma dapat dikatakan baik, apabila mempunyai ciri-ciri seperti berikut
  1. Finite (berhingga)
  2. Define (langkahnya sudah pasti)
  3. Input dan output (input dan output harus ada)
  4. Efisien (tidak harus dilakukan dalam waktu yang cepat, harus efisien juga dalam hal memori)
Struktur Algoritma
  1. Runtunan. Runtunan terdiri dari satu atau lebih instruksi, dan setiap instruksi dikerjakan urut sesuai dengan urutan penyelesaiaannya
  2. Pemilihan. Dalam pemilihan suatu instruksi akan dikerjakan jika telah memenuhi suatu kondisi tertentu
  3. Pengulangan. Pengulangan berfungsi untuk mengejarkan instruksi secara berulang.
Penulisan Algoritma
  1. Kalimat Deskriptif. Penyajian algoritma secara kalimat deskriptif ini, menjelaskan secara terperinci suatu permasalahan secara jelas, sehingga bisa dimengerti oleh orang lain.
  2. Pseudocode. Penyajian suatu algoritma secara lebih singkat dari kalimat deskriptif yang telah dibuat.
  3. Flowchart. Flowchart adalah penulisan algotima menggunakan simbol-simbol diagram alir, dengan tujuan membuat garis besar program, agar lebih dimengerti oleh programer dan orang lain.
Contoh Penulisan dari Algoritma
Berikut merupakan contoh penulisan algoritma menghitung luas segitiga
Kalimat Deskripsi
Algoritma_Menghitung_Luas_Segitiga
(Algoritma ini bertujuan untuk menentukan luas dari suatu segitiga, menerima inputan berupa nilai alas dan tinggi yang merupakan bilangan bulat, dan menghasilkan output berupa nilai luas yang merupakan bilangan real)
Deklarasi
buat variabel alas dan variabel tinggi yang mempunyai nilai bilangan bulat
buat variabel luas yang mempunyai nilai real untuk menampung hasil keluaran
Deskripsi
  1. Masukan nilai dari variabel alas dan tinggi
  2. Jika variabel alas dan tinggi bukan bilangan bulat maka kembali ke langkah satu
  3. Jika nilai dari variabel alas dan tinggi sudah bilangan bulat lanjutkan ke langkah 4
  4. Hitung nilai luas dengan menggunakan persamaan luas = alas * tinggi / 2
  5. Tampilkan hasil penghitungan luas pada layar
  6. selesai
 Pseudocode
  1. input alas, tinggi integer
  2. if alas, tinggi =/ integer then write ('Back to 1')
  3. else luas = alas * tinggi / 2
  4. print luas
  5. stop
Flowchart



Tags:

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Information Technology Blog

Copyright © Teknologi Informasi | Designed by Templateism.com